10 Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Perlu Diketahui

10 Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Perlu Diketahui

Tekanan darah adalah jumlah kekuatan yang diberikan darah pada dinding arteri saat mengalir melalui mereka. Penyakit darah tinggi menjadi salah satu masalah yang banyak ditemui saat ini.  Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, termasuk stroke, hilang penglihatan, dan penyakit ginjal. Penderita darah tinggi perlu menentukan asupan makananya. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Berikut adalah jenis makanan yang perlu dihindari bagi penderita darah tinggi:

Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

  1. Kopi

Kopi bisa menstimulasi jantung untuk bekerja lebih keras, akibatnya jantung memompa darah lebih cepat dan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kafein yang tidak berlebihan tidak akan menyebabkan hipertensi kronis. Jika sensitif terhadap kafein mungkin akan mengalami peningkatan tekanan darah tinggi.

  1. Mie instan

Mengonsumsi mie instan terlalu sering bisa berakibat buruk bagi kesehatan karena mengandung bahan pengawet yang bisa membuat tekanan darah tinggi. Dalam bumbu bubuk itulah natrium berada yang tentunya ini menjadi pantangan bagi penderita hipertensi

  1. Kulit Ayam

Kulit ayam merupakan salah satu makanan pantangan bagi penderita darah tinggi. Karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh. Minyak jenuh mengandung kolesterol jahat yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat tekanan darah tinggi.

  1. Gorengan

Kandungan lemak yang tinggi pada gorengan mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sedangkan pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi asupan garam yang berlebihan mempunyai pengaruh langsung pada peningkatan tekanan darah tinggi.

  1. Kue Kering

Kue kering adalah makanan favorit bagi semua orang. Tetapi meskipun rasanya enak, kue semacam itu berbahaya bagi orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kue kering mengandung kadar gula tinggi yang menyebabkan peningkatan berat badan hal ini juga memicu peningkatan darah tinggi.

  1. Daging Kemasan

Daging kemasan juga bergantung pada garam untuk mempertahankan produk dalam waktu yang lama, selain itu daging umumnya dibumbui dengan banyak garam supaya cita rasanya menonjol. Batasi porsinya karena terlalu banyak bisa membahayakan jantung dan meningkatkan tekanan darah tinggi.

  1. Acar

Acar mungkin banyak disukai oleh orang karena makanan yang dilengkapi dengan cuka dan sayuran. Namun biasanya agar tahan lama dan enak acar biasanya diberi sedikit garam. Tentu garam mempunyai kandungan buruk bagi kesehatan pada penderita tekanan darah tinggi.

  1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik, tapi juga sebagai sumber lemak yang tinggi. Satu cangkir susu ini mengandung lemak jenuh, lemak jenuh ini buruk bagi kesehatan jantung dan terutama untuk penderita tekanan darah tinggi.

  1. Donat

Cemilan yang satu ini pun sarat akan kalori, namun karena cara mengolahnya dengan digoreng maka otomatis ada tambahan lemak trans dan lemak jenuh dalam tiap sajianya. lemak trans dan lemak jenuh ini dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi jika mengonsumsi secara berlebih.

  1. Sandwich

Sandwich sebagai pengganjal perut yang sudah sangat populer ditanah air. Makanan ini juga dianggap menyehatkan karena berisi sayur, keju, tomat, dan daging. Jika didalam sandwich atau roti ini terdapat daging hasil proses lain yang cenderung tinggi sodium maka ini pemicu terkenanya tekanan darah tinggi.

Itulah 10 Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Perlu Diketahui  untuk menghindari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi adalah kondisi yang ditandai dengan tekanan darah sistolik. Terimakasih Semoga Bermanfaat..

Baca Juga: Mengenal Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

No Responses

Write a response