Cara Merawat Bayi Prematur

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk –┬áSetiap wanita yang sedang mengandung pasti akan merasa berdebar-debar ketika usia kandungan sudah mendekati kelahiran. Karena hadirnya seorang buah hati dalam sebuah rumah tangga merupakan pelengkap dan anugrah yang tidak terkira nilainya serta sangat dinantikan oleh setiap pasangan yang sudah menikah.

Kelahiran yang normal dan sehat tentu menjadi harapan setiap wanita, namun terkadang harapan tak selalu sama dengan kenyataan. Dimana tidak jarang terjadi suatu kelahiran secara dini atau yang lebih dikenal dengan kelahiran prematur.

Kelahiran bayi prematur ini merupakan suatu kelahiran yang terjadi disaat usia kandungan belum mencapai 37 minggu. Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki ukuran dan berat badan yang cukup kecil serta sangat rentan terkena berbagai gangguan penyakit, oleh karena itu perlu dilakukan penanganan yang tepat dan cepat.

Penyebab Bayi Prematur

Ada beberapa penyebab kenapa bayi bisa terlahir secara prematur, yang mana sebagian besar faktor dipengaruhi oleh kesehatan dari sang ibu. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa memicu terjadinya kelahiran bayi prematur :

1. Kondisi Ibu yang Kurang Sehat

Gangguan kesehatan pada ibu hamil yang bisa memicu terjadinya kelahiran prematur diantaranya yaitu hipertensi, diabetes serta gangguan kesehatan yang berhubungan dengan alat reproduksi wanita. Jadi untuk Anda ibu hamil yang menderita penyakit tersebut segeralah konsultasi ke dokter untuk bisa mengobatinya secara cepat dan mengurangi resiko terjadinya kelahiran prematur.

2. Kondisi Janin

Kondisi janin juga sangat berpengaruh pada terjadinya bayi prematur, misal karena pertumbuhan janin yang terhambat atau terjadinya infeksi pada kandungan tentu akan meningkatkan resiko bayi lahir secara prematur. Oleh karena itu sangat penting untuk para ibu hamil menjaga asupan makanan bergizi dan rajin kontrol ke bidan atau dokter terdekat agar kondisi janin selalu terpantau.

3. Riwayat Kehamilan

Seorang ibu yang memiliki riwayat kehamilan seperti pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya atau pernah keguguran juga bisa mengalami kelahiran prematur, jadi sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas berat.

4. Kondisi Psikologis Sang Ibu

Seorang ibu hamil usahakan untuk selalu dalam kondisi tenang tanpa tekanan, karena ketika ia merasa stress, depresi dan sering merasa cemas akan berpengaruh pada kondisi kandungannya dan yang paling tidak diinginkan tentu saja bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

5. Gaya Hidup

Gaya hidup sehari-hari dari ibu hamil juga bisa menjadi faktor penyebab bayi terlahir prematur. Diantara gaya hidup tidak sehat yang bisa menjadi pemicu diantaranya adalah minum minuman keras, mengkonsumsi obat terlarang dan juga merokok, baik itu perokok aktif maupun pasif.

Itu tadi adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Jadi untuk para ibu hamil selalu perhatikan kesehatan, jangan bekerja terlalu keras dan juga rutin memeriksakan diri ke dokter atau bidan terdekat.

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Ketika seseorang mengalami kelahiran prematur rasa cemas dan takut pastilah ada, namun hal ini tidak boleh berlarut-larut, cobalah untuk tenang. Karena dokter pastinya sudah lebih paham langkah apa yang harus dilakukan untuk menanganinya. Penanganan yang dilakukan oleh dokter di rumah sakit ketika menghadapi bayi prematur bisanya adalah dengan merawatnya di dalam sebuah alat bernama inkubator bayi.

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Di dalam inkubator ini bayi akan memperoleh kehangatan, karena memang umumnya bayi prematur memiliki masalah dengan suhu tubuhnya yang tidak stabil. Jadi untuk para ibu yang memiliki bayi prematur tak perlu khawatir, apalagi saat ini alat inkubator bayi yang ada di rumah sakit sudah sangat canggih dan modern dengan dilengkapi berbagai fitur pendukung yang mumpuni.

Bukan hanya di rumah sakit saja, di klinik dan puskesmas pun tersedia alat kesehatan yang satu ini, selain faktor kebutuhan hal ini juga karena sekarang sudah makin mudah untuk mendapatkan alat kesehatan tersebut, dimana sudah banyak toko alkes yang jual inkubator bayi ini.

Di saat bayi prematur sudah memiliki berat badan sekitar kurang lebih 1800 gram dan memiliki kenaikan berat badan minimal 15-30 gram sehari, biasanya dokter sudah mengizinkan untuk membawa bayi kita pulang ke rumah. Disinilah sebenarnya perjuangan baru dimulai, karena perawatan bayi prematur tentu sangat berbeda dengan bayi yang lahir secara normal. Berikut ini adalah beberapa cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk dan sehat yang bisa kita lakukan di rumah :

1. Selalu Perhatikan Suhu Tubuh Bayi

Seperti sudah saya singgung diatas tadi, kalau bayi prematur biasanya mempunyai suhu tubuh yang tidak stabil oleh karena itu ketika sudah di rumah pun kita harus selalu memperhatikan suhu tubuhnya jangan sampai bayi kedinginan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membedongnya, namun jangan terlalu kencang agar tidak mengganggu perkembangan motoriknya, selain itu ketika bayi buang air kecil segera bersihkan dan ganti popoknya. Untuk menjaga kehangatan tubuh bayi dapat pula dilakukan dengan metode KMC (Kangaroo Mother Care).

2. Atur Kamar Agar Nyaman Untuk Bayi

Persiapkan pula kamar yang bersih dan nyaman untuk bayi, bebas dari polusi udara, kebisingan atau suhu kamar yang terlalu panas atau dingin. Perhatikan pula lampu penerangannya jangan sampai terlalu terang karena tidak baik untuk bayi.

3. Memberi ASI Eksklusif

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, berikanlah ASI eksklusif ini selama 6 bulan karena akan bisa membuat berat badan bayi cepat naik serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Untuk kondisi bayi prematur tertentu ada yang disarankan oleh dokter untuk diberikan tambahan penguat ASI atau susu formula demi menambah kalori dan membantu mempercepat pertumbuhan bayi.

4. Menjemur Bayi di Pagi Hari

Cara merawat bayi prematur berikutnya agar ia cepat gemuk adalah dengan rutin menjemurnya di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 10-15 menit. Karena seperti kita tahu sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk membantu tumbuh kembang bayi.

5. Perhatikan Posisi Tidur Bayi

Usahakan untuk selalu menjaga posisi tidur bayi agar tetap terlentang, gunakan pula kasur yang tidak terlalu empuk namun jangan terlalu keras pula. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya sindrom bayi yang meninggal secara mendadak.

6. Membatasi Penggunaan Kalori Bayi

Tips agar berat badan bayi prematur cepat naik berikutnya adalah dengan membatasi penggunaan kalori bayi, seperti misal dengan tidak memegang bayi secara kasar dan mendadak yang bisa mengagetkan, sehingga bayi mengeluarkan energi yang cukup besar untuk meresponnya. Dengan membatasi penggunaan kalori pada bayi ini, maka kalori yang ada dalam tubuh bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhannya.

7. Rutin Periksa ke Dokter Untuk Memantau Tumbuh Kembangnya

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan tentu saja dengan memeriksakan bayi prematur secara rutin ke dokter untuk memantau bagaimana perkembangannya, baik dari segi berat badan, tinggi badan dan juga lingkar kepala. Dengan memeriksakan ke dokter kita juga bisa berkonsultasi tentang apa saja langkah-langkah tepat yang perlu dilakukan untuk terus meningkatkan berat badan dan tumbuh kembannya.

Demikian tadi informasi mengenai beberapa penyebab kenapa bayi bisa terlahir prematur dan cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk dan sehat. Semoga informasi pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang memiliki bayi prematur dan memberi pengetahuan tentang langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat bayi prematur di rumah. Terima kasih!