daftar alat elektromedik

5 Contoh Alat Kesehatan Elekteromedik Dan Pembahasannya

Alat Elektromedik merupakan salah satu jenis alat kesehatan yang wajib ada di sebuah instansi medis seperti rumah sakit, klinik dan yang sejenisnya. Apa itu alat Elektromedik ? Dan apa saja contohnya ? Ketahui semuanya di artikel berikut ini. So, silahkan lanjutkan membaca.

Pengertian Alat Elektromedik

Istilah Elektromedik terdiri dari dua unsur kata yaitu “Elektro” dan “Medis”. Elektro bermakna sesuatu yang berhubungan dengan listrik, sedangkan Medis adalah kesehatan atau berhubungan dengan kesehatan. Sehingga Alat Elektromedik bisa kita artikan dengan alat – alat medis yang berhubungan dengan kelistrikan baik itu cara kerjanya, prinsip kerja ataupun komponen yang terdapat di dalamnya.

5 Daftar Alat Elektromedik

Untuk lebih memudahkan kita dalam memahami apa itu Alat Elektromedik, seperti janji saya kita akan membahas 5 buah contoh alat kesehatan elektromedik baik radiasi ataupun non radiasi. Berikut contohnya :

1. EKG (Elektrokardiografi)

Dari namanya saja kita sudah melihat ada istilah Elektro di dalamya. Oleh sebab itu, jelas kita bisa menebak bahwa alat ini merupakan alat Elektromedik. Lalu apa itu EKG ? Elektrokardiograf adalah satu alat medis yang berfungsi untuk merekam dan menganalisa kelistrikan jantung. Dokter menggunakan alat ini untuk mengidentifikasi pasien yang mengalami gangguan irama jantung.

2. Pasien Monitor

Pasien monitor ada hubunganya juga dengan contoh alat Elektromedik yang sudah kita bahas barusan. Pasien monitor atau sering disebut dalam bahasa inggris yaitu Patient Monitor. Yaitu alat medis yang berfungsi untuk memantau kondisi fisiologis pasien. Biasanya pasien dengan kondisi kritis yang akan mendapatkan alat pemantau seperti ini. Monitor jelas harus menggunakan energi listrik agar dapat beroperasi, sehingga pasien monitor termasuk alat Elektromedik.

3. Defibrillator

Disebut juga dengan alat kejut jantung karena berfungsi untuk memberikan kejutan pada jantung berupa sengatan listrik. Nah, ada kata listrik kita temukan di alat ini. Berarti jelas alat ini termasuk Elektromedik. Lalu apa fungsi defibrillator ini. Defibrillator berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal karena serangan jantung (Ventrikel Fibrilasi). Satu kondisi dimana jantung berdetak sangat cepat dan tidak dapat memompa darah.

4. X-Ray Unit

Yang ini adalah contoh alat Elektromedik radiasi, karena X-ray (sinar x) merupakan unsur radio aktif yang dapat meluruh setiap saat. Oleh sebab itu di rumah sakit, ruangan radiologi memiliki standar konstruksi tersediri dan harus memenuhi persyaratan keamanan. X-Ray unit berfungsi untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh manusia seperti tulang, organ tubuh, pembuluh darah dan lain sebagainya. Alat ini jelas tergolong sebagai alat Elektromedik karena menggunakan energi listrik dalam proses operasinya.

5. Tensimeter Digital

Ada cukup banyak daftar alat elektromedik yang ada di rumah sakit dan klinik. Namun karena keterbatasan waktu, media dan pengalaman kami hanya sebutkan 5 contohnya. Tensimeter digital merupakan alat medis yang bisa kita sebut sebagai alat elektromedik karena dalam proses operasinya menggunakan energi listrik berupa baterai atau menggunakan catu daya eksternal. Tentunya anda sudah tahu bukan apa fungsi tensimeter ini ? Ya, alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah.

Nah itulah beberapa contoh alat elektromdik dan pengertiannya yang bisa kita ualsa pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan yang singkat ini dapat memberikan sedikit manfaat untuk anda yang membacanya.

No Responses

Write a response