Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Lemonizen yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel atau apple cider vinegar. Jenis cuka ini sering digunaka untuk resep hidangan, seperti: salad, marinasi daging, dan juga bisa untuk minuman untuk menambahkan rasa asam yang segar.
Tidak hanya itu, cuka apel juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan kecantikan kulit wajahmu. Sebelum ke manfaat cuka apel, yuk kita simak dulu kandungan didalam cuka apel.

Kandungan cuka apel

Cuka apel adalah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, serta potasium, kalsium, dan magnesium.

Walaupun masih termasuk jenis cuka, cuka apel mempunyai perbedaan yang mencolok dengan cuka putih, salah satunya yaitu dari segi manfaat. Cuka putih diketahui tidak mempunyai manfaat, sedangkan cuka apel punya banyak bahan aktif yang bisa untuk menurunkan berat badan, mengurangi lemak dibagian perut, menurunkan kolestrol, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan kulit

• Mengatasi jerawat

Sering risih dengan masalah jerawat? Apalagi kamu mau ketemu doi, pasti malu dong kalau muka jerawaten. Nah, cuka apel bisa membantu anda mengatasi jerawat.

Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Menggunakan cuka apel ini secara teratur akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, jika cuka apel ini bisa membantu anda menghilangkan jerawat.

• Menyeimbangkan pH kulit wajah

Kamu sering merasakan kulit yang berminyak? Atau kulit kering? Atau kulit kurang kencang dan elastis? Hal ini disebabkan karena pH wajah kurang seimbang. Jangan khawatir kamu bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

Kandungan pH pada cuka apel ini yang mirip dengan pH lapisan asam pada kulit sehingga menjadikan cuka ini cocok digunakan sehari-hari untuk merawat kulit kering atau berminyak.

• Mencegah kerutan

Untuk kalian yang mukanya kerutan, cobalah menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam didalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus pada wajah sehingga kalian akan terlihat lebih awet muda, mempesona, dan memikat.

• Mengecilkan pori-pori

Kandungan AHA pada cuka apel diketahui mampu mengecilkan pori-pori sehingga menjadikan kulit anda halus ketika disentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan wajahmu cerah.

• Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Liburan dipantai yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu karena masalah kulit terbakar matahari? Atasi masalah kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit membantu kamu mengatasi kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Memanfaatkan cuka apel untuk kesehatan kulit dan kecantikan

Berminat mencoba menggunakan cuka apel secara rutin pada kulit wajahmu? Cuka apel bisa digunakan dalam masker, toner, atau pembersih wajah kamu sehari-hari. Kandungan manfaatnya menjamin hasil terbaik untuk wajahmu.

Tapi jangan sembarangan, kamu tidak disarankan untuk mengoleskan cuka apel secara langsung ke kulit wajahmu. Tambahkan sedikit air sebelum kamu mengoleskan cuka ini ke kulit wajah. Berikut ini contoh beberapa produk kecantikan dengan bahan cuka apel yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

• Masker wajah

Untuk kamu yang memiiki wajah kering , kamu bisa mencoba masker yang sangat mudah ini. Kamu hanya perlu mencampur 2 sendok mamakn madu dengan 1 sendok makan cuka apel hingga rata. Selanjutnya, oleskan cuka apel ke wajah yang telah dibersihkan, biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan bilas lagi dengan air yang agak dingin. Makser ini digunakan selama 3 kali seminggu untuk mencegah wajah kamu yang rusak, melembabkan kulit wajah, menyeimbangkan pH, serta mengatasi kulit wajah yang kering.

• Toner wajah

Toner ini biasanya digunakan setelah proses membersihkan wajah untuk membantu membersihkan sisa minyak dan make up pada wajah.

Cara membuat toner wajah cuka apel:
1. Campurkan air dengan suka apel dengan perbandingan misal 1:2
2. Campur 100 ml cuka apel dengan 200 ml air
3. Selanjutnya oleskan toner ini dengan kapas lembut untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu menyehatkan wajah.
Perlu diperhatikan, jika kulit anda termasuk kulit sensitif, cuka apel sebaiknya dicampur dengan lebih banyak air untuk membuatnya lebih encer.

Itulah manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

No Responses

Write a response