mengatasi anak susah makan

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Menghadapi anak yang susah makan pasti membuat Bunda khawatir. Bunda jadi sering bingung harus memasak apa karena si kecil sangat pemilih makanan. Bunda pun jadi takut dia akan kelaparan, kekurangan gizi untuk pertumbuhannya dan akhirnya jatuh sakit.

Bunda sudah melakukan berbagai cara seperti memutarkan video kesukaannya, diajak jalan-jalan bahkan disuapi. Tetapi si kecil masih saja hanya mau makan makanan kesukaannya atau bahkan hanya camilan.

Seorang dokter anak menyatakan, anak yang pemilih makanan merupakan salah satu cara si kecil membuktikan kemandiriannya. Dia akan makan apa yang dia inginkan dan pada waktu yang dia tetapkan.

 

Dalam hal ini, Bunda tidak perlu panik, asalkan tahap pertumbuhannya tetap berkembang dengan baik. Untuk mengurangi rasa khawatir Bunda akan asupan nutrisinya, Bunda bisa melakukan hal berikut :

1. Jangan jadikan waktu makan sebagai waktu pertengkaran
Anak yang pemilih soal makanan seringkali membuat orangtua kesal. Tapi, cobalah untuk bersabar dan tidak memaksakan si kecil untuk memakan makanan yang tidak dia suka. Hal tersebut justru akan membuat dampak yang lebih buruk.

Mungkin akan terasa sulit bagi Bunda untuk melakukannya, tetapi jika kebiasaan si kecil yang pemilih makanan itu mengganggu kesehatannya, maka Bunda harus lebih waspada dalam menghadapi kebiasaan makan si kecil yang rewel.

2. Buat catatan makanan yang dimakan anak dalam sehari
Coba Bunda tanyakan pada orang-orang yang ditemui oleh si kecil, entah itu kerabat, teman atau penjual jajanan. Tanyakan dan catat apa saja yang biasa si kecil makan dalam sehari.
Dengan begitu, saat si kecil tidak mau makan pada waktu yang sudah ditetapkan bukan berarti dia kelaparan.

3. Sediakan camilan tinggi kalori
Untuk memastikan si kecil tetap mendapatkan asupan energi seharian meskipun tidak makan pada waktunya, Bunda bisa menyiapkan kudapan tinggi kalori sebagai camilan yang bisa si kecil makan kapanpun dia mau.

Kudapan tinggi kalori yang bisa diberikan seperti selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah. Jadi, tidak masalah jika anak susah makan nasi asalkan asupan kalorinya tercukupi dari cemilan yang sudah Bunda sediakan.

4. Siapkan menu lengkap berbeda setiap hari
Semua orang pasti akan bosan jika harus makan dengan menu yang sama setiap harinya. Kreasikan menu unik dengan penyajian yang menarik untuk menambah nafsu makan si kecil. Pastikan menu yang Bunda siapkan mengandung makanan yang si kecil suka sehingga anak lebih senang saat memakannya.

5. Minta bantuan jika memang membutuhkan
Jika Bunda sudah tidak sanggup menghadapi si kecil dan semakin bandel, walaupun sudah melakukan cara diatas, Bunda bisa meminta bantuan kepada Ayah atau orang dewasa lainnya yang mampu membuat si kecil menurut.

Namun, jika dokter menyatakan tidak ada keterlambatan pertumbuhan pada si kecil, Bunda tidak perlu terlalu memaksakan anak untuk makan. Bunda juga harus tegas saat si kecil terlalu sering meminta makan junk food, karena tidak baik untuk kesehatan si kecil.

6. Jangan menyuruh makan
Seringkali anak melakukan hal yang berlawanan dari apa yang dikatakan oleh orangtua. Oleh karenanya, cobalah melakukan trik yang melarangnya makan makan atau tidak makan sama sekali. Jika berhasil, Bunda akan terkejut saat mendapati si kecil makan sendiri tanpa disuruh.

7. Menuruti kemauan anak
Menghadapi anak yang susah makan tidak bisa dengan paksaan. Seperti yang kita tahu bahwa si kecil membutuhkan asupan nutrisi oleh makanan yang seimbang. Sayang kan jika Bunda sudah masak tapi terbuang sia-sia karena anak tidak mau makan.

Jadi, cobalah untuk sekali-kali menuruti apa yang si kecil ingin makan di hari itu. Mungkin hari ini si kecil hanya menginginkan makanan manis saja. Mungkin juga besok dia menginginkan junk food atau makanan berkuah.

Ikuti saja kemauan anak saat memilih makanan karena si kecil tidak akan memilih makanan yang sama setiap harinya. Namun, Bunda juga tetap mewaspadai makanan itu apakah baik untuk si kecil atau tidak.

8. Suplemen
Beri anak suplemen makanan merupakan langkah yang tepat untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Bunda bisa memilih suplemen berbentuk sirup atau permen jeli yang disukai anak-anak. Akan lebih bagus lagi jika suplemen itu mengandung temulawak yang mampu menambah nafsu makan si kecil.

9. Jangan membanding-bandingkan
Jangan merasa down ketika melihat anak lain makan dengan lahap atau mengomentari si kecil karena tubuhnya yang terlalu kurus. Jangan sampai Bunda memarahi si kecil sampai membanding-bandingkan dengan anak lain.

Hal itu karena akan mengganggu pola makan si kecil atau malah tidak mau makan sama sekali. Abaikan saja komentar tersebut. Selama kesehatan si kecil tetap terjaga, Bunda tidak perlu khawatir.

10. Berikan contoh
Jika Bunda ingin si kecil makan sayur, maka Bunda juga harus bisa mencotohkannya. Berikan contoh yang patut diteladani oleh anak.

 

10 cara diatas bisa Bunda lakukan untuk mengurangi kekawatiran karena anak yang susah makan. Semoga bermanfaat

No Responses

Write a response