Penyebab Dan Cara Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab Dan Cara Gampang Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid yaitu kondisi normal yang hampir pasti dialami wanita tiap bulan, Nyeri haid memang menjadi satu keluhan bagi setiap wanita, nyeri perut muncul pada awal masa haid. Nyeri yang muncul sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan malas untuk bangun dari tempat tidur, gejala yang terjadi biasanya mual, muntah, sakit kepala, pusing, diare, nyeri dipunggung bawah, dan nyeri perut bagian bawah.

Penyebab Nyeri Perut Saat Haid

Nyeri perut saat haid terjadi karena kontraksi rahim dan kandungan, jika selama haid terjadi kontraksi yang cukup kuat bisa menekan pembuluh darah didekatnya. Berikut ini 6 penyebab nyeri perut saat haid:

  • Penyempitan Servick, yaitu kondisi langka dimana serviks sangat kecil sehingga dapat memperlambat aliran darah menstruasi, peningkatan tekanan didalam rahim sehingga dapat menyebabkan rasa sakit.
  • Adenomiosis, yaitu dimana lapisan rahim tumbuh ke dinding otot rahim dan bisa menyebabakan rasa sakit karena pembengkakan dan tekanan.
  • Sindrom Pramenstruasi, sindrom normal terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstrusi dimulai.
  • Fibroid rahim, yaitu tumor non kanker yang bisa memberi tekanan pada rahim dan menyebabkan nyeri haid yang tidak normal.
  • Endometriosis, yaitu kondisi yang terjadi karena sel-sel dari lapisan rahim tumbuh dibagian tubuh yang lain
  • Penyakit radang panggul, yaitu infeksi yang disebabkan bakteri yang dimulai dirahim dan dapat menyebar ke organ repoduksi lainnya.

Cara Menyembuhkan Nyeri Haid

1. Kompres Perut

Kompres perut dengan botol yang berisi air hangat, suhu panasnya dapat membantu melemaskan otot-otot rahim yang kram mencegah begah saat menstruasi dan meningkatkan aliran darah ditubuh. Caranya, menggunakan botol yang diisikan air hangat kompres perut bagian yang sakit selama 15-20 menitan.

2. Berenang

Berenang adalah olahraga yang paling tepat pada saat menstruasi. Gerakan yang santai dan lambat, hindari gerakan yang agresif atau jarak yang terlalu jauh, salah satu cara terbaik untuk menghindri kram perut dan sekaligus berolahraga adalah berenang gaya punggung dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan energi.

3. Minum Air Hangat

Air hangat merupakan salah satu cara mengatasi nyeri haid, air hangat mampu mendetoks tubuh dengan baik dan aliran darah dapat menjadi lebih lancar

4. Jangan Stres

Stres dapat membuat perut semakin sakit, cara yang paling mudah untuk mengatasi nyeri haid dengan melakukan hal yang bisa mengurangi stres. Setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk mengurangi stres

5. Teh Herbal

Teh herbal yaitu teh tradisional yang banyak diminum oleh orang orang dari seluruh belahan dunia, khasiat teh herbal ini sangat baik mampu mengurangi rasa nyeri pada haid.

6. Obat Pereda Nyeri

Minum obat anti nyeri seperti ibuprofen yang dapat mengatasi nyeri haid secara cepat dan efektif. Obat ini bekerja menghambat zat peradangan alami dalam tubuh yang bisa menyebabkan rasa nyeri.

7. Lakukan Pijatan Perut

Lakukan pijatan dengan hati-hati, beri pijatan halus dibagian bwah memutar dengan menggunakan dengan ujung-ujung jemari tangan supaya lebih rileks dan melemaskan otot-otot pada rahim.

Nah itu tadi cara menyembuhkan nyeri haid dengan mudah dan pastinya manjur, nyeri haid pasti sangat mengganggu aktifitas sehari-hari tentunya. Cobalah cara yang diatas untuk menyembuhkan nyeri haid..

Baca Juga:Masalah Vagina Yang Sering Diremehkan Wanita

No Responses

Write a response